Keeksotisan Pantai Pasisia Selatan, Surga di Selatan Sumbar

Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan

KABUPATEN Pesisir Selatan sudah lama dikenal dengan wisata alam dan bahari. Memiliki wilayah laut yang cukup luas karena berbatasan dengan Samudera Indonesia dan sangat kaya dengan potensi kelautan dan mempunyai potensi besar di sektor produksi ikan laut, sektor pariwisata diandalkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Pemkab Pessel sendiri sangat serius dalam mengelola pariwisata.
Prasarana dan sarana seluruh kawasan wisata sedang dilakukan pembangunannya. Adanya peningkatan prasarana dan sarana diharapkan masuknya investor dari luar Pasisia Selatan yang mau menjadi pengelola dunia pariwisata di daerah ini. Sekarang, jika wisatawan datang ke Pasisia Selatan, begitu banyak alternatif wisata yang bisa dinikmati. Wisata alam, bahari, sejarah dan sejarah menjadi andalan bagi daerah yang dipimpin Bupati Nasrul Abit. Kabupaten yang terletak di paling selatan dari Propinsi Sumatera Barat ini, memiliki 12 Kecamatan dan 37 Nagari. Masing-masing nagari dan kecamatan memiliki potensi wisata yang berbeda.

Setiap nagari menampilkan keeksotikannya. Bentangan pasir putih nan bersih di sepanjang pantai diikuti dengan ombak yang membuat orang betah berlama-lama menikmati keindahannya. Salah satunya, Pantai Carocok terletak di Kecamatan IV jurai Kabupaten Pasisia Selatan dengan jarak tempuh ±75 Km dari Kota Padang. Kawasan ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak. Dari kejauhan juga nampak Pulau Semangki dengan pemandangan yang indah dan airnya yang sangat bersih, dan apabila kita berada di Puncak Langkisau akan tampak pemandangan yang sangat menakjubkan, menyadarkan kita pada kekuasaan Allah SWT, sang Pencipta. Tidak hanya Pantai Carocok, ada satu kawasan wisata lain yang cukup terkenal, yaitu Kawasan Wisata Mandeh (Mandeh Resort) yang berbatas langsung dengan Kota Padang.

Kawasan ini hanya berjarak 56 Km dari Padang dengan Luas ± 18.000 Ha dan waktu tempuh sekitar 56 menit. Kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken. Lokasi ini disebut sebagai kawasan Wisata Mandeh karena salah satu kampung yang ada di kawasan ini bernama Kampung Mandeh, yang terkenal di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Teluk Carocok Tarusan cukup landai dan tidak berombak karena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil di antaranya Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, selain tentunya Pulau Cubadak. Sementara di bagian selatan kawasan ini tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan kail, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riaknya yang selalu bernyanyi tak henti-hentinya.

Berada di Kawasan Wisata Mandeh, pengunjung dikelilingi beberapa pulau yang melingkar yaitu, Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Sikuai Island. Banyak yang menyebut Mandeh Resort dengan julukan The Paradise in the Shouth (surga di Selatan).  Di surga inilah semua kedamaian bisa didapat. Penduduk setempat memanfaatkan ketenangan dan kedamaian teluk ini dengan melayarinya, dan mendayung perahu penangkapan ikan. Bahkan wisatawan yang datang ke sini sering memanfaatkan danau laut ini untuk berenang dari satu pulau ke pulau lainnya, selain tentunya juga untuk menyelam, menyaksikan keindahan dasar laut dengan berbagai bentuk dan jenis kerang dan ikan-ikan yang hidup disana.

Selain laut dan pantainya, Pasisia Selatan juga memiliki keungulan yang tidak kalah menariknya dari pantai dan laut yaitu keindahan alam yang terbentang secara alami. Jembatan  Akar Bayang, air terjun Bayang Sani, air terjun Pincuran Tujuah Tingkat di Painan Timur, air terjun Lubuk Kuali Batang Kapeh, Taluak Tampuruang juga di Batang Kapeh merupakan objek wisata yang patut dikunjungi.  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasisia Selatan Drs. Yunasri MM, kepada POSMETRO mengatakan, potensi pariwisata yang dimiliki Pasisia Selatan harus dilestarikan dan dijaga. Pengembangan dan investasi dibidang pariwisata akan memberikan pemasukan, tidak hanya untuk daerah tapi juga peningkatan perekonomian masyarakat. (*)

1 Komentar

  1. Pantai Carocok Painan memang terkenal dengan kaeindahannya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s