TNKS Masih Dijarah 168 Kubik Kayu Diamankan Polres Pessel

Disita-- 168 meter kubik kayu olahan disita Jajaran Polres Pessel. Diduga kayu tersebut berasal dari hutan TNKS

Disita-- 168 meter kubik kayu olahan disita Jajaran Polres Pessel. Diduga kayu tersebut berasal dari hutan TNKS

PAINAN— Satuan Reskrim dan Satuan Intelkam Polres Pesisir Selatan, kembali mengamankan 60 kubik (setara dengan 11 truk) kayu balok olahan tak bertuan, pada operasi rutin yang mereka gelar sepanjang Jumat (25/4) dan Sabtu (26/4) lalu. “Kayu yang diduga praktek Illegal Logging (Illog) ini, merupakan hasil operasi rutin dalam dua pekan terakhir. Semua ini, berkat hasil lidik anggota selama ini dilapangan, yang telah bekerja keras dalam pemberantasan Illog,” ujar Kapolres Pessel AKBP Drs Yoyok Sri Nurcahyo MSi didampingi Kasat Reskrim AKP Erman dan Kasat Intelkam AKP F Waruhu kepada POSMETRO, Minggu (27/4).
Diduga polisi, kayu hasil Illog tersebut hasil jarahan oknum yang tak bertanggungjawab, dari hutan lindung TNKS (Taman Nasional Kerinci Sebelat). Karena, kayu itu ditemukan di sepanjang aliran sungai dan perbukitan yang ada di Koto Pulai Kampuang Sako, Nagari Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Tepatnya, perbatasan Kabupaten Kerinci dengan Kabupaten Pessel yang merupakan kawasan TNKS.

Kayu ini, merupakan hasil pengembangan penyelidikan Sat Reskrim dan Sat Intelkam pada penemuan sebelumnya. Dari operasi yang digelar pada dua pekan terakir, telah diamankan sedikitnya 168 kubik (setara dengan 22 truk) kayu balok olahan tak bertuan oleh jajaran Polres Pessel. Seperti yang diberitakan koran ini sebelumnya, pada operasi yang digelar Jumat (17/4) dan Sabtu (18/4), telah diamankan kayu sebanyak 65 kubik di Sungai Gadang Kampuang Sako, Nagari Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan.   Pada Minggu (20/4), juga telah diamankan kayu balok olahan sebanyak 43 kubik dari sungai Gambia, masih di daerah yang sama. Terakhir, diamankan jajaran Polres Pessel sebanyak 60 meter kubik. Dari operasi yang digelar tersebut, sedikitnya 168 kubik kayu tanpa diserta dokumen yang sah, telah berhasil disita Polres Pessel.

Diperkirakan Yoyok, kayu berjenis Banio, Damar Laut, Marantiah dan Balam itu, hasil jarahan oknum tak bertanggungjawab dari hutan lindung TNKS. “Kayu tersebut dibawa dengan cara dihanyutkan melalui aliran sungai,” ucapnya. Menurut Yoyok, kayu tersebut sengaja dibawa melalui aliran sungai sepaya mempermudah proses pengangkutannya. Kegiatan itu, dilakukan pada malam hari agar kegiatan tersebut tidak diketahui oleh masyarakat dan polisi. Namun, pada saat penangkapan kayu tersebut pihaknya tidak menemukan pemilik dari kayu itu. Ditegaskan Yoyok, ini suatu bukti kuat keseriusan jajaran Polres Pessel dalam pemberantasa Illog dari Pessel. “Kita tidak akan main-main dalam pelaksanaan pemberantasan Illog ini dan kita tidak akan pernah pandang bulu, kepada setiap orang yang terlibat dalam kepemilikan Illog ini,” tegasnya.

Sejauh ini, jelasnya, polisi belum dapat menemukan pemilik kayu illegal tersebut. Namun, kita akan memburu dan mencari tahu keberadaan dari pemilik kayu balok olahan illegal tersebut. Dan sekarang seluruh barang bukti (BB), telah kita amankan di Mapolres Pessel. Ditambahkan, polisi sangat berterima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam pemberantasan Illog. Polisi juga berharap, semua pihak membantu dalam pemberantasan Illog. Juga dihimbau semua pihak, jangan sesekali mencoba ikut serta melakukan atau terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.
“Setelah kita siapkan pemeriksaan dari kayu illegal tersebut, nantinya kayu itu akan diserahkan ke negara untuk dilakukan pelelangan. Namun, semua itu itu itu dilakukan setelah semua berkas dan pemeriksaannya selesai dan telah disepakati oleh seluruh pihak yang terkait,” tukasnya. (*)

2 Komentar

  1. Ancak mahh….! tangko se lah sadonyo lai dari pado manjarah taruih se…..!

  2. rancak bana tu…pak polres harus adakan razia terus di deerah sako/tapan tu banyak urang maambiak kayu terus pak,tolong tertibkan, dengan menggukan mesin sinso pado malam hari, dan kawasan indropuro sekarang banyak kayu yang tidak ada izin …trima’s


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s