Rumah Korban Abrasi Pessel akan Direlokasi

Gambaran-- Begilah gambaran Pantai Muaro Aia Haji, dua hari pasca bencana gelombang besar melanda. Foto Diky Lesmana.

Gambaran-- Begilah gambaran Pantai Muaro Aia Haji, dua hari pasca bencana gelombang besar melanda. Foto Diky Lesmana.

PAINAN–Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akan segera merelokasi 52 rumah yang hancur dan rusak akibat gelombang pasang di sepanjang bibir Pantai Muaro Aia Haji, Nagari Aia Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, November silam.Relokasi akan dilakukan pada awal 2009.

“Awal 2009 ini kita segera merelokasi sekitar 52 unit rumah warga korban gelombang besar pada akhir November di sepanjang pantai Muaro Aia Haji,” ujar Bupati Pessel H Nasrul Abit kepada POSMETRO kemarin di Painan.

Menurutnya, pemindahan 52 unit rumah ini terdiri dari 38 unit rumah hancur, 12 unit rumah terancam abrasi, 1 unit Mesjid dan 1 unit Polindes. Relokasi ini menggunakan dana APBN sebesar Rp 3,2 miliar dan dilaksanakan pada awal tahun ini.

Lokasi pemindahan masih berada di Kampuang Muaro Aia Haji yang dinyatakan layak dan bebas ancaman abrasi oleh tim survei. Dia menyebutkan, pendanaan yang diberikan kepada korban bencana abrasi ini bervariasi. “Hingga saat ini, kita masih menunggu keputusan lokasi pemindahan dari tim survei di lapangan. Jika semua telah selesai maka, dengan segera akan direlokasi,” jelasnya.

Seperti yang dilansir koran ini sebelumnya, gelombang besar yang menghantam pantai Muaro Aia Haji pada 25-26 November lalu, menghancurkan serta menghayutkan 38 unit rumah penduduk di sekitar pantai serta menghancurkan jalan penghubung ke daerah itu sekitar 500 meter. Kejadian yang ketiga kalinya ini telah menelan kerugian materil sebesar Rp 2,2 miliar dan kemudian bibir pantai Muaro Aia Haji pun telah bergeser sekitar 1.000 meter dari tempat semula. (*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s