Air Terjun Timbulun Indah Painan Timur Pessel Jernih, Asri dan Sejuk

Air Terjun Timbulun Indah Painan

Air Terjun Timbulun Indah Painan

DILIHAT dari nama Pesisir Selatan (Pessel),  pasti terbayang daerah tadi berupa hamparan pasir putih dan hijaunya samudera laut. Sebab, terletak di daerah pesisir pantai barat Sumbar.

Tapi siapa sangka,  kabupaten diujung selatan provinsi Sumbar juga menyimpan pesona alam menakjubkan selain laut. Salah satunya, Air Terjun Timbulun. Terletak di Kampuang Painan Timur, Nagari Painan Kabupaten Pessel. Lokasi air terjun tadi berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Painan.

Air terjun Timbulun ini memiliki tujuh tingkat luncuran air. Udaranya yang sejuk plus nuansa alam memukau, menjadikan lokasi tadi sebagai salah satu lokasi kunjungan wisata di Painan. Lokasi air terjun Timbulun ini, cukup strategis. Selain tidak terlalu jauh dari pusat kota, akses jalan menuju ke sana juga tidak begitu sulit. Cukup berjalan menelusuri aliran sungai batang Timbulun sepanjang 500 meter—dari gapura atau pos penjagaan masuk.

Jalan menuju air terjun juga telah dicor pihak Pemkab Pessel. Semua guna memudahkan para pengunjung menempuh perjalanan menuju Timbulun. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi keindahan alam berupa tebing curam, bebatuan bukit curam—juga digunakan para penggila olah raga panjat tebing. Monyet-monyet liar di lokasi terlihat menambah pesona keasrian dari hutan menuju pemandian tersebut.

Saipul, seorang pengunjung dari Kota Pariaman mengaku sangat puas berkunjung ke air terjun Timbulun. Menurutnya, air terjun memiliki 7 tingkatan. Jernih serta berudara sejuk.  “Saya sangat terkesan sekali dengan keindahan alamnya dan merasa nyaman di sini. Berkemungkinan di lain waktu, saya akan kembali ke daerah ini,” akunya.

Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Pessel, Drs Yunasri MSi menyebutkan, pihaknya berencana menjadikan air terjun Timbulun ini salah satu icon wisata alam— selain wisata bahari yang duluan dikenal dari Pessel. “ Kedepannya, kita akan membenahi sarana dan prasarana pendukung lain di lokasi. Seperti, rencana membuat wisata water boom.  Dengan harapan bisa mendongkrak pendapatan daerah dari hasil kunjungan wisatawan ke lokasi,” katanya.(*)

2 Komentar

  1. Thank infonya

  2. meliat timbulan jadi ingat kampung ,,,,,, dan waktu kecil sering mandi disana
    Emang benar kondisi alam di pessisir selatan emang tiadaduanya di indonesia ini,,,,,,


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s