Hasil Tambang Batu Bara Pessel Dikapalkan

Batu Bara-- Tumpukan batu bara di Pelabuhan Penasahan Painan. Foto Tusrisep

Batu Bara-- Tumpukan batu bara di Pelabuhan Penasahan Painan. Foto Tusrisep

PAINAN— Bupati Pesisir Selatan Drs H Nasrul Abit didampingi Kepala Dinas Koperasi Pertambangan, Perindustrian dan Perdagangan Azwar SE melakukan pengkapalan perdana batubara di Pelabuhan Panasahan Painan, baru baru ini.

Pengkapalan perdana yang merupakan awal dari dimanfaatkannya potensi tambang di Pessel tersebut ditandai dengan pelepasan truk bermuatan batubara memasuki lumbung Ponton ( Kapal Tongkang ) oleh bupati disaksikan juga oleh Kasubdin Pertambangan Darman Mansur, SE, Kepala Pelabuhan Syarbaini, Ir.Indra Maneger PT.Panca Bara Mandiri selaku mitra PT. KSDN selaku penambang dan Tamsir bersama rekannya Zardisman dari PT. KSDN sendiri.

Pada saat pengkapalan perdana tersebut sebanyak 5500 ton batubara yang ditambang oleh PT.KSDN di Tapan Kecamatan Basa IV Balai siap untuk diberangkatkan ke Cirebon Jawa Barat yang akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan PLTU di Pulau Jawa, sejak saat itu untuk selanjutnya setiap saat batubara akan diberangkatkan dari pelabuhan Panasahan Painan, berhubung sekitar 4 perusahaan dalam waktu dekat juga akan melakukan ekspolitasi batu bara, seperti PT.Lumpo di Lumpo Kecamatan IV Jurai.

Nasrul Abit ketika menjawab pertanyaan wartawan mengatakan, pertama berterima kasih kepada investor yang telah serius melakukan kegiatan pertambangan di daerah ini, sehingga potensi tambang yang selama ini dibicarakan dari mulut ke mulut sekarang jadi kenyataan.

“Saat ini memang baru sebatas dalam negeri, namun untuk masa mendatang diharapkan bisa menembus pasar dunia, sehingga Pessel bisa menggantikan posisi Kota Sawahlunto sebagai penghasil batubara di Sumbar karena potensi batubara cukup besar di daerah ini, “ kata Nasrul yang saat itu juga didampingi Kabag Humas Drs Syahlaluddin.

Menurut Nasrul, bagi investor yang nantinya melakukan exploitasi batubara dalam pengirimkan hasil produksi tidak perlu ke Teluk Bayur, karena bisa memanfaatkan Pelabuhan Panasahan Painan, berhubung pelabuhan ini tempatnya cukup strategis dan dekat dari Kota Painan.

Dikatakan, kalau nantinya sudah banyak kegiatan bongkar muat dipelabuhan ini kapasitas pelabuhan akan ditingkatkan, berhubung masalah lokasi tidak ada masalah dan ini sudah direncanakan bersama pelabuhan, sehingga nanti pelabuhan ini makin berkembang.

Kepala Pelabuhan Syarbaini yang ikut berkomentar mengatakan kalau memang nanti pelabuhan ini akan ditingkatkan kapasitasnya akan diajukan kepada pusat apalagi kalau Pemerintah Kabupaten telah memberikan dukungan.

Sementara itu Ir Indra Maneger PT Panca Bara Mandiri selaku mitra PT KSDN sebagai penambang kepada Wartawan mengatagkan kegiatan bongkar muat telah dilakukan berjalan cukup lancar karena keamanan pelabuhan telah dijamin oleh Pemuda Painan dibawah koordinasi Edi Muli serta dukungan yang penuh dari petugas kemanan baik Polsek IV Jurai maupun Polres Pessel sendiri. (*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s