Tebing Tergerus Arus, Tiga Rumah Hanyut

Rumah Hanyut-- Tiga rumah hanyut terbawa arus Sungai Batang Tarusan

Rumah Hanyut-- Tiga rumah hanyut terbawa arus Sungai Batang Tarusan

PESSEL– Hujan lebat yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akhir-akhir ini, mengakibatkan bibir tebing sepanjang 720 meter di Belakang Pasa Tarusan, Nagari Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pessel, terban dihantam arus Batang Tarusan. Akibatnya tiga rumah penduduk hanyut terbawa arus sungai.

“Hujan lebat yang melanda akhir-akhir ini telah menghanyutkan tiga rumah penduduk yang berada di bantaran sungai Batang Tarusan. Tepatnya di belakang Pasa Tarusan,” ujar Wali Nagari Nanggalo Yus Elfian di Painan kemarin.

Menurutnya, peristiwa ini telah berlangsung dari enam bulan lalu. Dia tidak memperkirakan jika peristiwa ini sampai menghantam hingga 720 meter ke pinggir bibir tebing tersebut. Hingga menghanyutkan tiga rumah penduduk. Menurutnya, aliran sungai Batang Tarusan yang sekarang merupakan aliran sungai yang diperbarui beberapa tahun lalu.

“Aliran yang dahulu berada siktar 1.000 meter dari tempat sekarang,” katanya. Dikatakan, karena adanya pembaruan aliran sungai menjadi bencana bagi masyarakat di sepanjang bantaran Batang Tarusan. Menurut Yus, Pemkab Pessel melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) telah mendatangi lokasi ini sebanyak dua kali, namun hingga kini belum dilakukan pengerjaan.

Pihaknya bahkan telah membicarakan hal itu dengan Bupati Pessel H Nasrul Abit, baik lisan maupun tulisan. “Kita masih menunggu jawaban Pemkab Pessel. Kami atas nama masyarakat Nanggalo Tarusan, sangat berharap sekali Pemkab segera memindahkan aliran Batang Tarusan ke tempat semula. Karena jika dibiarkan, ratusan rumah dan Pasar Tarusan juga akan terban tergerus arus,” harapnya (*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s