Empat Polisi Diselamatkan Nelayan, Dua Hari Terkatung-katung di Laut Lepas

Menangis--Briptu Rinaldo disambut tangis haru oleh keluarganya di Mapolres Pessel sesaat dinyatakan hilang sejak Minggu 28 Desember 2008 lalu

Menangis--Briptu Rinaldo disambut tangis haru oleh keluarganya di Mapolres Pessel sesaat dinyatakan hilang sejak Minggu 28 Desember 2008 lalu

PESSEL–Setelah dinyatakan hilang sejak, Minggu, 28Desember 2008 lalu. Akhirnya, 4 anggota Polres Mentawai dan 1 nahkoda kapal yang tengah melaksanakan tugasnya di sekitar perairan Sikakap, Kabupaten Mentawai ditemukan nelayan di Perairan Kambang, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, Rabu (31/12) sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka sempat terapung selama 62 jam di laut lepas dengan menggunakan jerigen minyak serta jaket pelampung.

Beruntung kelima korban dapat diselamatkan. Kelima korban tersebut yakni, Brigadir Agus Hermanto (Kanit 2 Intelkam Polres Mentawai), Bripda Riki Loanda (anggota Sat Intelkam Polres Mentawai), Briptu Rinaldo (anggota Sat Pol Air Mentawai), Briptu Deki Junaidi (anggota Sat Pol Air Mentawai) dan Fitra (22) nahkoda kapal warga Tua Pejat Mentawai.

Kapolres Pessel melalui Waka Polres Pessel Kompol Sutoyo didampingi Kasat Intelkam Polres Pessel Iptu Heri Satriawan kepada POSMETRO Rabu (31/12) di Mapolres Pessel di Painan membenarkan, penemuan kelima personil Polres Mentawai tersebut. Disebutkan, sebelumnya Minggu (28/12) keempat anggota polisi dan satu nahkoda kapal tersebut dinyatakan hilang di perairan Sikakap. Sesaat tengah menjalankan tugas penyelidikan kasus pembunuhan yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah hukum Polres Mentawai.

“Namun, di tengah perjalanan kapal patroli milik Sat Pol Air yang ditumpangi kelima korban terbalik dihantam badai dan gelombang. Sehingga, kelima korban terpental ke laut dan kapal tersebut tenggelam,” katanya. Dikatakan, beruntung kelimanya memakai jaket pelampung dan dibantu dengan jerigen minyak yang ada di kapal itu. Sehingga kelimanya menggunakan jerigen minyak sebagai alat bantu untuk bertahan di laut lepas tersebut. Dijelaskan, selama terapung di laut lepas kurang lebih 62 jam barulah korban ditemukan oleh nelayan kapal tonda asal Kambang, Pessel Rabu (31/12) sekitar pukul 08.00 WIB.

Nelayan tersebut yakni, Darmawan (40) dan Roli (35) warga Lakitan, Lengayang, Pessel. Yang pada saat itu tengah menuju Kambang dari Perairan Mentawai. Tepatnya mereka diselamatkan antara perbatasan laut Mentawai dan Pessel. “Kemudian, kelima korban dibawa oleh nelayan tersebut ke Puskesmas Kambang untuk mendapatkan pertolongan. Karena ketika ditemukan mereka mengalami kelelahan dan kekurangan cairan. Setelah mengantarkan korban kedua nelayan tersebut melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Lengayang,” ungkapnya.

Mendapati informasi itu, pihak Polres Pessel langsung mengabarkan Polres Mentawai tetang tersebut. Setelah mendapatkan perawatan medis kelima korban tersebut dibawa ke Mapolres Pessel. Karena pihak keluarga dan Pemkab Mentawai telah menunggu kedatangan mereka di Mapolres Pessel. “Setelah, tiba di Mapolres Pessel korban disambut tangis haru oleh para keluarga. Dan kemudian setelah beristirahat di Mapolres Pessel kelimanya langsung dibawa ke RS Bhayangkara Padang untuk kembali mendapatkan perawatan intensif. Karena,mereka masih terlihat sangat lemas,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet yang ikut menunggu kedatangan korban di Mapolres Pessel mengatakan, Pemkab Mentawai bersama Tim SAR, Jajaran Polres Mentawai dan masyarakat sejak Minggu (28/12) telah melakukan pencarian hingga kabar ini diterima. “Bahkan, kita juga telah menggelar dzikir bersama serta menggelar sholat ghoib untuk kelima korban yang dinyatakan hilang tersebut. Beruntung korban dapat diselamatkan,” katanya. Ditambahkan, pihak Pemkab Mentawai mengucapkan terima kasih kepada Polres Pessel serta masyarakat Pessel yang telah berhasil menemukan mereka.(*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s