Memandang Si Biru Dari Parasut Paralayang

Keindahan alam Pesisir Selatan

Keindahan alam Pesisir Selatan

DILIHAT dari nama Pasisia Selatan (Pessel),  pasti terbayang daerah tadi berupa hamparan pasir putih dan birunya laut. Sebab, terletak di daerah pesisir pantai barat Sumbar.Dilhat dari nama dan letaknya, Kabupaten Pessel merupakan daerah bahari yang menyimpan sejuta wisata yang patut dikagumi. Bukan saja wisata baharinya, wisata alam pun tak kalah indahnya dari daerah lain. Salah satu wisata tersohor di derah itu adalah, Bukit Langkisau. Karena objek wisata tersebut memadukan antara wisata bahari, wisata alam dan olahraga.
Bukit yang tingginya 214 meter dari permukaan laut itu, terletak di tengah jantung Kota Painan. Sehingga, pemandangan jika berada di puncak Bukit Langkisau tertuju pada Kota Painan serta hamparan pasir putih dan samudera yang biru di hiasi pulau-pulau kecil yang berderet sejajar seakan memukau parawista yang berkunjung ke tempat itu.

Jika Anda ingin menyaksikan suatu pemandangan yang indah disaat matahari akan tenggelam di atas Samudera Indonesia, bisa disaksikan pula dari Bukit Langkisau. Kala itu akan tercipta pantulan sinar berwarna kuning keemasan dari atas laut,suatu pemandangan yang akan membuat kita berdecak kagum atas kebesaran Allah SWT. Pemandangan yang luar biasa itu sebaiknya jangan dilewatkan begitu saja. Lewat bidikan kamera semua pemandangan yang memesona itu bisa menjadi dokumentasi dan kenangan.

Selain itu, Bukit Langkisau juga terkenal dengan olah raga Paralayang, sejenis olah raga dirgantara yang menggunakan psarasut untuk terjun, seperti terjun payung akan tetapi tidak menggunakan Pesawat terbang. Kerena, disitulah berpusat olah raga tersebut di Pessel. Selain lokasinya yang memadai tempat tersebut diyakini para maniak olah raga ini memiliki kesan tersendiri.

Bukan saja sampai disitu, Bukit Langkisau ini juga sebagai primadona para atlet Paralayang dari seluruh penjuru nusantara. Karena, iven-iven bertaraf nasional bahkan internasional pun pernah digelar di lokasi itu. Tak tanggung-tanggung para artis dan aktor Film Indonesia seperti, Bucek Deep, Komar, Bunga Citra Lestari dan lain sebagainya juga ketagihan melakukan olah raga tersebut di lokasi itu.

Sekarang olah raga Paralayang di Bukit Langkisau tersebut sepertinya sudah menjadi trend tersendiri di kalangan anak muda di Pessel. Itu tercermin dengan meningkatnya para Pilot—sebutan atlet Paralayang yang kian hari kian bertambah. Hingga saat ini telah tercatat sekitar 135 orang Pilot yang tergabung dalam Langkisau Paragliding Club (LPC) Painan yang bermarkas di Puncak Bukit Langkisau.

Kegiatan rutin latihan serta pembinaan dan pembekalan para Pilot ini, biasanya dilakukan pada saat waktu liburan atau hari Sabtu dan Minggu setiap pekannya. Dan kegiatan ini tak ayal menghiasi langit biru Painan dengan aktraksi serta pertunjukan kebolehan yang dimiliki para Pilot itu.

Uniknya olahraga ini bisa dilakukan oleh Pilot yang belum berpengalaman atau belum pernah sama sekali mengikuti olahraga ini. Akan tetapi tunggu dulu, Pilot yang belum pernah melakukan dan belum perpengalaman akan dipandu langsung oleh mentor yang ada di LPC dengan cara tandem—berdua dengan menggunakan parasut yang sama.

Bagi para pemula atau yang belum pernah melakukan olahraga ini, akan mendapatkan bimbingan tekhis dari para mentor di LPC sebelum melakukan aktifitas olahraga ini. Senang memang jika semua orang bisa melakukan kegiatan ini. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bagi setiap pengunjung yang datang ke Bukit Langkisau.

Parjock (30), salah satu mentor Paralayang LPC di Painan mengatakan, kegiatan Paralayang meningkat jika telah masuk waktu liburan. Karena, selain para seluruh Pilot yang datang. Para pengunjung pun ingin menikmati keindahan Kota Painan dari udara.

“ Bagi peminat yang ingin melakukan kegiatan ini, bisa langsung terjun setelah mendapatkan pengarahan dengan cara tandem dengan salah satu Pilot senior,” ungkapnya.

Menurutnya, olahraga yang satu ini banyak diminati oleh kaum muda. Selain, memiliki tantangan. Kegiatan ini juga memacu adrenalin para Pilot dalam mengarahkan lokasi titik pendaratan (landing). Selain itu dalam melakukan kegiatan ini kita juga memiliki variasi pendaratan yakni, pendaratan yang dilakukan di Kota Painan dan pendaratan yang dilakukan di hamparan pasir putih Pantai Salido. Yang berjarak sekitar 2 kilometer dari Painan.

Bagi peminat dan pecinta olah raga dirgantara ini, bisa langsung datang dan menguji mental serta adrenalin untuk merasakan ketinggian yang menantang. Serta disuguhi pemandangan yang indah

Akses dan penginapan

Akses jalan untuk menuju Kota Painan tidak terlalu sulit dan tidak harus mengeluarkan kocek yang tebal. Dari Padang kita bisa naik angkutan umum seperti, Bus PO Erlindo, Painan Indah, Habeco, Painan Jaya, Mansiro dan sebagainya. Dan untuk biaya ongkosnya sendiri tidak terlalu mahalkita cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 kita sudah sampai di Kota Painan dan bisa menyaksikan keindahan alam dari puncak Bukit Langkisau.

Kemudian akses penginapan pun tak kalah fasilitasnya dari kota-kota lain yang ada di Sumbar. Kota Painan memiliki 7 penginapan yang tersebar di pusat Kota Painan. Dan harga kamarnya pun bervariasi dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000 tergantung dari fasilitas yantg diberikan.

Bagi pengunjung yang ingin bertandang ke Kota Painan. Sebaiknya cari waktu yang betul-betul panjang dan bisa menghabiskan waktu liburan di Kota Painan. Kerena, jika hanya memiliki waktu singkat kita tak akan pernah puas melihat keindahan kota Painan dari puncak Bukit Langkisau. Jika penasaran silakan datang saja ke Kota Painan. (*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s